Resep Mudah Memotivasi Diri

Semua orang pasti memiliki motivasi atau semangat dalam hidup, hanya kadarnya  yang berbeda. Itu adalah anugerah Tuhan sebagai wujud kasih dan sayang-Nya, yang patut untuk kita syukuri. Dengan motivasi inilah, dunia kita dapat menjadi warna-warni: ada yang menyenangkan, ada yang menyedihkan; ada yang indah, ada yang buruk. Semua berbaur menjadi satu kesatuan, karena motivasi itu pula, orang dapat saling menjalin persahabatan dan perdamaian demi kemajuan peradaban di muka bumi ini. Sebaliknya, demi motivasi itu pula orang juga dapat berperang, saling membunuh, dan merusak. Jadi, orang dapat berbuat apa saja. Tergantung motivasinya: positif atau negatif. Jika motivasinya positif, ia akan berbuat kebaikan, dan jika motivasinya negatif maka ia akan melakukan perusakan.
Untuk meraih kesuksesan hidup di dunia ini, orang tentu harus mempunyai motivasi positif. Dengan motivasi positif itu, ia akan dapat menentukan visi yang jelas dan perspektif jauh ke depan. Jika hal ini terjadi, maka dapat dipastikan visi akan tergelincir menjadi sebuah visi yang dangkal dan banyak menimbulkan kerugian, bahkan tidak ada lagi semangat untuk meraih cita-cita yang tinggi melalui pengorbanan dan perjuangan.
Dalam buku ini, penulis hanya akan membicarakan motviasi dalam pengertian motivasi yang positif. Motivasi yang positif sangatlah penting karena tanpa adanya motivasi itu maka pelaksanaan sebuah aksi tidak akan terwujud atau terealisasi dengan baik. Jadi, hanya sekadar retorika, hanya diucapkan dan dipikirkan tanpa ada pelaksanaannya. Biasanya, orang menyebutnya dengan istilah “Nato” no action talk only.
Sehubungan dengan motivasi ini, ada perbedaan tegas antara orang sukses dengan orang gagal. Orang sukses berbuat untuk berpikir, sedangkan orang gagal berpikir untuk berbuat. Orang gagal sekadar berpikir, tapi tidak berani berbuat sehingga akhirnya ia tidak pernah berbuat. Oleh karena itu, motivasi mutlak diperlukan bagi mereka yang benar-benar ingin maju, namun tentu saja motivasi yang dimaksud adalah motivasi yang tinggi untuk melakukan sesuatu, bukan motivasi yang pas-pasan dan setengah hati. Artinya, motivasi itu harus sepenuh hati sehingga menghasilkan semangat yang membara, bergairah, dan menggebu-gebu untuk giat bekerja meraih kesuksesan, sebab ia sadar bahwa sukses itu wajib.
Resep agar memiliki motivasi yang tinggi adalah tergantung bagaimana cara kita untuk memotivasi diri kita sendiri, bukan dari luar diri kita atau orang lain. Jika kita selalu bergantung pada unsur di luar kita untuk sekadar memperoleh motivasi, maka motivasi yang muncul tidak akan sampai pada tahapan membara dan seratus persen. Jadi, itu bukan motivasi positif yang kuat karena tidak muncul dari diri kita sendiri.
Dengan memotivasi diri sendiri berarti kita mendorong diri untuk melakukan sesuatu bagi kesuksesan diri kita. Hal inilah yang dapat membuat diri kita menjadi lebih termotivasi untuk berbuat sesuatu secara terus-menerus dan berkesinambungan. Tentunya, hal ini dapat menciptakan semangat yang lebih besar bagi kita dibandingkan ketika kita mendapat semangat dari orang lain.
Dalam kenyataannya, banyak orang mengalami kesulitan ketika ia harus memotivasi dirinya. Hal yang terjadi adalah orang cenderung untuk menunggu dimotivasi, bukan aktif memotivasi diri. Akibatnya, dalam meraih kesuksesan, ia hanya menunggu adanya dorongan dari luar. Jika tidak ada dorongan, maka ia cenderung bersikap diam. Orang semacam ini adalah orang yang malas, yang sudah pasti tidak akan pernah mendapat kesuksesan dan hanya dapat menemukan kegagalan.
Menurut orang Arab, perihal waktu hanya ada tiga, yaitu: (1) waktu kemarin yang sudah bukan milik kita lagi, (2) esok hari yang belum tentu kita miliki, dan (3) sekarang ada di tangan kita.

Waktu adalah salah satu dimensi dalam hidup kita sebagai manusia. Karakternya, waktu senantiasa berpacu secara cepat, tanpa terasa, dan tiba-tiba menghunjam begitu saja. Tidaklah mengherankan, masyarakat sering mengkiaskan cepatnya waktu dengan kilatan pedang menyambar. Artinya, manusia dapat memanfaatkan karunia waktu secara fitrah akan mencapai kesuksesan, namun jika manusia lengah sedetik pun, maka pedang lawan dapat menebasnya dan berakhir dengan penyesalan. Oleh karena itu, aturlah waktu Anda dengan cermat!

0 Response to "Resep Mudah Memotivasi Diri"

Post a Comment