Segarkan Hidupmu!



                


Bill Clinton, mantan presiden Amerika Serikat, adalah sosok yang sukses. Karirnya sebagai orang sukses diawali dengan menjadi jaksa agung ketika usianya masih sangat muda, yaitu 30 tahun. Karirnya terus menanjak, 2 tahun kemudian ia berhasil menjadi gubernur di negara bagian Arkansas. Oleh karena pemerintahannya dinilai sukses, ia lalu dipilih lagi kedua kalinya untuk jabatan yang sama. Kita semua tahu, karirnya tersebut sangat cemerlang, dan ia pun berhasil menduduki kursi kepresidenan. Hal ini yang selalu menarik dari Bil Clinton ini adalah penampilannya, di setiap penampilannya, baik ketika ia menjadi presiden maupun setelah tidak menjabat, ia selalu tersenyum seakan menyiratkan kesegaran dalam hidupnya.
Ada pula yang lebih menarik yaitu “The Rising Star” Bararck Hussein Obama, Senator yang jadi calon presiden Amerika Serikat 2008. Bagi kita orang Indonesia, sosoknya menjadi sangat dekat karena masa kecilnya saat duduk di bangku SD ia pernah tinggal di Menteng Pulo Jakarta selama 4 tahun. Ayahnya memang orang Indonesia, bernama Lolo Soetoro. Ketika ayah tirinya ini meninggal, ia kemudian diboyong ibunya ke Hawai. Barack Hussein Obama mengaku mempunyai kenangan sangat manis di Indonesia. Menurut teman-temannya di Jakarta, Barack Hussein obama saat itu memang punya kepribadian yang baik dan ia dapat membaur dengan anak-anak Indonesia lainnya. Kepribadiannya seperti itu justru tampak jelas ketika ia tampil mencalonkan diri sebagai presiden Amerika dengan membawa tema Change (perubahan). Tampaknya ia menjadi harapan baru bagi rakyat Amerika. Sesungguhnya, hal yang segar, terbuka, ahli hukum yang cerdas, dan tentu saja masih muda.
Demikian pula halnya yang ditampilkan si aktor Arnold Schwarzenegger “Terminator” yang menjadi gubernur California untuk dua kali masa jabatan pada awal 2007. Ia juga selalu menarik dan menampilkan kesegaran dalam hidupnya. Tentu saja, bukan karena ia memiliki tubuh yang atletis, bugar dan segar, tapi ia juga selalu termotivasi melakukan perubahan dan peningkatan diri dalam meraih suksesnya.
Kita sendiri sebagai bangsa Indonesia, mesti perlu banyak bercermin dari keberhasilan tokoh-tokoh dunia, seperti Bill Clinton, Barack Hussein Obama, dan Arnold Schwarzenegger itu. Paling tidak, kita dapat bercermin dari mereka, paling tidak kita juga dapat meraih kesegaran dan kesuksesan hidup yang kita dambakan. Apakah Anda tidak ingin sukses dalam hidup Anda itu seperti Bill Clinton, Barack Hussein Obama atau Arnold Schwarzenegger “Terminator”?.
Anda selalu terjebak dalma pikiran kusut, tidak tahu hendak berbuat apa. Kehidupan Anda pun menjadi ruwet, selit-belit, silang-selimpat, dan kacau balau. Di mata orang banyak, kehidupan Anda tampak tidak bersemangat dan tidak menampilkan kesegaran. Sekali lagi, hal ini dapat berakibat sangat tidak nyaman bagi Anda, begitu pula bagi keluarga besar Anda. Oleh karena itu, Anda harus segera bangkit dari ketidaknyamanan itu. Bangkit! Lebih cepat lebih baik. Sebenarnya ada beberapa resep untuk bangkit dari ketidaknyamanan itu, antara lain:
1.       jangan sia-siakan waktu;
2.       tampilan tidak bersemangat itu harus dilawan, jangan biarkan berlama-lama dan
3.       ingatkan terus diri Anda agar tidak boleh lemah.

 Jika perlu, katakan dengan setengah berteriak, “Aku harus bersemangat”. Katakan hal itu berulang-ulang sampai Anda merasa termotivasi dan kemudian dapat bangkit dari ketidaknyamanan itu sendiri. Dengan melakukan hal tersebut, secara psikologis, sebenarnya Anda sedang memancing emosi dan semangat Anda untuk muncul kembali.
Cara lain yang dapat ditempuh, yaitu hukumlah diri Anda sendiri dengan menuliskan kalimat aku harus bersemangat sebanyak 50 atau 100 kali di atas kertas. Anggap saja pekerjaan itu sebagai nostalgia masa kecil ketika mendapat hukuman atas kenakalan Anda.
Pastinya Anda mampu untuk bangkit dari ketidaknyamanan itu. Kita semua juga dapat melakukannya. Asal ada kemauan untuk mencoba dan tetap bersemangat kuat untuk meraih prestasi.

0 Response to "Segarkan Hidupmu!"

Post a Comment