Sukses itu Mudah

Awal dari sebuah kesuksesan adalah banyak senyum, serta memiliki semangat atau motivasi yang membara dan menggelora dalam meraih sukses itu sendiri. Bagaimana caranya agar dapat memiliki semangat membara dan menggelora tersebut adalah Anda lebih dulu menata pola berpikir Anda, yaitu, pola pikir yang didasarkan pada adanya pemahaman bahwa sesungguhnya, para tokoh dunia adalah pribadi yang biasa-biasa saja bahkan awalnya tidak ada yang istimewa, sama seperti Anda dan orang kebanyakan lainnya.
Berangkali, Anda dapat mencontoh rahasia sukses Mark Zuckerberg, miliarder termuda, yang kesuksesannya berawal dari niat sederhana untuk “menyatukan”  komunitas kampusnya di Harvard University dalam sebuah jaringan, ternyata membawa dampak besar. Niatnya tersebut telah mengantarkan pria berusia 26 tahun ini sebagai miliarder termuda dalam sejarah, dengan kekayaan mencapai US $15 miliar (data tahun 2007). Awalnya Mark hanya sekedar membuat situs jaringan pertemuan terbatas di kalangan kampusnya saja. Ia membuat satu program yang dapat menghubungkan teman-temannya itu. Selanjutnya situs tersebut ia beri nama Facebook dan pada tahun 2004, ia berhasil menulis kode orisinil Facebook—dari balik kamar asramanya—dalam waktu dua minggu, ia pun mengumumkan situsnya tersebut dan menarik rekan-rekannya untuk bergabung. Ketika ia mengetahui situsnya tersebut telah menarik banyak orang untuk bergabung, ia kemudian melakukan langkah berani dengan mengikuti jejak seniornya, Bill Gates, memilih drop out untuk lebih fokus dalam situsnya dan ia membuka keanggotaan Facebook untuk umum.
Situs Facebook itu tercatat telah dikunjungi lebih dari 70 juta orang bahkan hingga menjelang pertengahan tahun 2008, telah mencapai 200 juta anggota. Hal ini tentu menunjukkan Facebook telah menjadi barang dagangan yang sangat laris, yang justru dibangun oleh seorang anak muda dengan usahanya sendiri. Tentu saja, dengan bermodal niat, tekad yang berani, dan yakin akan berhasil, ia melangkah dengan tetap fokus hingga kemudian semuanya berubah menjadi kesuksesan spektakuler. Dalam hal ini, Mark Zuckerberg sukses karena berani berfikir dan bertindak yang melampaui zamannya.
Selain itu, Anda juga dapat mencontoh kesuksesan si Warren Buffet, pialang saham dunia. Bagi orang yang sudah biasa bermain saham tentu sangat mengenal namanya. Pria yang berusia 73 ini (2008) sangat piawai dalam memainkan saham. Dalam hal ini, dapat memprediksi dengan tepat perihal saham apa saja yang naik dan saham apa saja yang turun; kapan harus mengambil, dan kapan harus menjual, semuanya seolah sudah ada dalam “pengetahuannya”. Biasanya, apa yang dikatakannya seputar dunia saham akan selalu diikuti oleh banyak orang.
Membaca dua sosok sukses: seorang anak muda berusia 23 tahun dan pria berusia 73 tahun—selisih usia yang hampir setengah abad—pelajaran yang berharga mengenai cara meraih sukses dengan mudah, yaitu dengan bekerja fokus dan serius. Tentu saja, hal tersebut perlu dilandasi adanya kesadaran bahwa, sukses itu wajib diraih demi tercapai kesejahteraan dan kemajuan bersama.


0 Response to "Sukses itu Mudah"

Post a Comment